Mengenal Jenis-jenis Jam Tangan

Semakin lama perkembangan teknologi jam tangan semakin berkembang, lalu kita pun semakin dimanjakan dengan berbagai tipe, jenis dan variasi beragam jenis Jam Tangan. Bagi anda yang para pemula, masih banyak bingung bagaimana cara memilah jam tangan yang tepat, sebab banyaknya variasi dan jenis berbeda di setiap model jam tangan yang ditampilkan. Untuk itu, kami telah merangkum beberapa variasi dan tipe pada jam tangan yang pernah dibuat di dunia, seperti berikut ini :

 

  • Analog Watch

 

Jam tangan analog merupakan jam tangan yang terdapat tiga jarum sebagai penanda waktu yakni jarum pangan penunjuk jam, jarum yang pendek penunjuk menit, sedangkan jarum tipis sebagai penunjuk detik.

 

  • Digital Watch

 

Jam tangan jenis digital ini merupakan jenis jam tangan yang memberi tau waktu dengan cara menampilkan angka digital dengan menggunakan system LCD (Liquid Crystal Display).

 

  • Automatic Watch

 

Disebut juga sebagai ‘Self Winding Watch’, yakni jam tangan berbasis mekanik yang tidak menggunakan baterai sebagai sumber energi penggerak jarum jam. Ketika jam tersebut digunakan, setiap pergerakan si pemakai akan menggerakkan sebuah komponen yang disebut rotor (berbentuk seperti piringan) yang selalu berrotasi terhadap sumbuk aksis. Rotor tersebut akan menghasilkan energi yang setelah itu disalurkan kepada per untuk menyimpan tenaga, maka dari itu jam tangan tersebut akan selalu aktif selama masih dikenakan. Apabila jam tangan automatic tidak digunakan, jam ini masih akan hidup hingga tenaga yang tersimpan di per tadi habis.

 

  • Luxury Watch

 

Ini merupakan Jam Tangan eksklusif dan mahal yang dibuat dengan bahan berkualitas tinggi yakni emas, berlian, platinum,  atau pun batu berharga lain. Untuk menyempurnakan tampilan luar, umumnya jam tangan mahal ini akan menggunakan mesin yang rumit dengan ratusan komponen berukuran kecil seperti mesin tourbillon contohnya. agar dapat meningkatkan kualitas jam tangan berharga selangit tersebut.

  • Water Reistant Watch

 

Jam tangan ini didesain kedap air dan udara serta gangguan berupa benturan keras. Karena ketahanannya Jam tangan tersebut, umumnya jam tangan ini digunakan oleh para penyelam atau para angkatan militer yang sedang bertugas.

 

  • Chronograph Watch

 

Umumnya digunakan untuk mengukur waktu dalam acara perlombaan atau turnamen. Jam tangan chorongraph mempunyai tiga tombol yang tertelak di bagian kanan. Tombol teratas berfungsi sebagai pengukur detik serta dapat mengukur kecepatan hingga 1/100 (seperseratus) detik. Lalu pada tombol di tengah digunakan untuk mengatur jam serta menit, mirip dengan kegunaan jam tangan pada umumnya. Dan untuk tombol yang paling bawah digunakan untuk menghentikan detik yang telah ditekan dan mebailkkannya ke posisi semula, yakni pada angka 12.

 

 

 

 

  • Analog – Digital Watch

 

Jam tangan ini merupakan perpaduan antara Jam tangan Analog dan Jam tanga Digital, Cara pemakaian dan fungsinya sama seperti jam tangan pada umumnya. Hanya saja ini merupakan gabungan antara kedua tipe jam tangan tersebut

  • Quartz Watch

 

Jam tangan tersebut merupakan jam yang menggunakan sistem mekansime Quartz, yakni semacam kristal bernama Quartz yang dapat digunakna sebagai pembangkit energi pada jam itu. Lalu daya tarik jam tangan quartz ini dapat menunjukan waktu dengan sangat akurat dan lalu harga yang dipatok juga sangat terjangkau.

 

  • Sport Watch

Jam tangan ini hampir mirip dengan jam tangan diverwatch atau Water resistant watch. Jam tangan ini didesain khusus untuk anda yang gemar berolahraga atau melakukan aktifitas ekstrim, Jam tangan ini juga sering digunakan para pilot di berbagai maskapai di dunia. Jam tangan ini cocok digunakan karena ketahannya terhadap air, benturan dan mampu menyesuaikan waktu sesuai dengan negara yang didatangi sang pengguna jam tangan.

 

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *