Jam Tangan Mewah dari Gelaran SIHH

Gelaran akbar SIHH (Salon International de la Haute Horlogerie) khusus memamerkan jam-jam mewah telah usai digelar pada 18-22 Januari lalu. Event yang digelar di kota Geneva, Swiss ini dikenal dengan hadirnya banyak brand-brand arloji ternama dengan jajaran produk jam tangan mewah yang menekankan pada konsep desain eksperimental yang mengedepankan keindahan, dan kemewahan di atas fungsi dasarnya sebagai alat penunjuk waktu. Yang menjadikan gelaran ini didapuk sebagai pameran paling eksklusif tahun ini adalah karena ia bersifat tertutup untuk umum dan hanya dihadiri secara khusus oleh tamu undangan brand-brand yang hadir di sana. Merek arloji yang hadir di gelaran ini mulai dari Lo Scienziato dari Panerai seharga $143.000 yang dibuat dengan teknologi printer 3D, hingga Split Seconds Chronograph dari Richard Mille.

1. Cartier Rotonde de Cartier AstromystérieuxUSD $157.000
Cartier Rotonde de Cartier Astromystérieux

Sebuah arloji mewah dengan nama yang cukup panjang dan bisa dikatakan cukup jarang untuk sebuah brand arloji mewah berasal dari Prancis, karena brand Swiss yang begitu mendominasi. Rotonde de Cartier Astromystérieux dari brand Cartier dengan desainnya yang cantik terinspirasi dari jam dinding misterius dari abad ke-20 dengan pabrikan yang sama. Mesin jam yang terkesan antik terlihat melayang di dalam kasing kaca arlojinya. Arloji terbaru dari Cartier ini menghadirkan ilusi yang unik dengan mekanisme tourbillion yang seakan-akan tergantung di tengah-tengah muka arloji. Jarum jam yang berotasi setiap jamnya dengan jarum menit, mekanisme yang ada sebenarnya ditopang oleh empat cakram safir transparan yang terpasang pada lingkar muka arloji. Hanya akan ada 100 buah arloji yang dibuat di seluruh dunia.

 

2. Jaeger-LeCoultre Reverso Tribute Gyrotourbillon | USD $270,000
Jaeger-LeCoultre Reverso Tribute Gyrotourbillon

Untuk merayakan ulang tahun ke-85 salah satu seri jam tangan Reverso-nya, Jaeger-LeCoultre seakan menghadirkan kembali arloji mewah klasiknya di pameran SIHH yang telah digelar ke-26 kalinya ini. Edisi terbaru dari brand asal Swiss ini mengawinkan perputaran mekanisme khasnya dengan tourbillion, gyrotourbillion, dan Reverso yang menghasilkan sebuah arloji mewah yang 30% lebih tipis dari seri sebelumnya dengan basis desain yang sama. Mekanisme penggerak arloji ini lain daripada yang lain, bisa dilihat pada muka arloji pada bagian bawah dial di mana gyrotourbillion terlihat seperti melayang di udara. Arloji mewah & eksklusif ini hadir dengan tampilan waktu ganda, indikator siang dan malam, modus 24 jam, dan penunjuk detik yang digerakan dengan mekanisme tourbillion, dan hanya akan diproduksi sebanyak 75 buah di seluruh dunia.

3. Panerai Lo Scienziato | USD $143.000
Panerai Lo Scienziato

Jam tangan mewah Lo Scienziato dengan desain tourbillon skeleton ini didedikasikan khusus untuk mengenang Galileo Galilei, yang penemuan-penemuannya menjadi landasan teknologi pembuatan arloji-arloji mekanik hingga sekarang. Dengan arloji terbarunya ini, Panerai melakukan sebuah inovasi dengan teknologi yang terbaru pula. Proses pembuatan arloji ini menggunakan metode direct laser sintering, yakni salah satu jenis printer 3D, di mana lapisan-lapisan berbahan titanium setebal 0.02mm disatukan untuk membuat seluruh bagian-bagian mekanisme arloji hingga yang terkecil. Dengan metode terbaru ini, membuat berat arloji ini menjadi 35% lebih ringan dibandingkan arloji-arloji skeleton Panerai yang telah ada sebelumnya. Para pemakai arloji ini nantinya akan dimanjakan dengan keindahan mekanisme hand-wound serta kecanggihan teknologi yang ditawarkan melalui kaca kristal safirnya. Arloji mewah & eksklusif ini hanya akan dibuat sebanyak 150 buah saja di seluruh dunia.

4. A. Lange & Söhne Datograph Perpetual Tourbillon | USD $320,075
A. Lange & Söhne Datograph Perpetual Tourbillon

Dengan tampilan muka yang klasik disertai dengan warna yang minimalis, A. Lange & Söhne’s Datograph Perpetual Tourbillon terlihat begitu sederhana dari luar, namun mekanisme penggerak di dalamnya bisa dikatakan sangat mengesankan. Kalender abadinya dapat menunjukan hari-hari dalam seminggu, bulan dan tahun, semuanya ada pada dial yang tertampil secara subsider yang dapat berubah-ubah secara berkesinambungan. Saking akuratnya, estimasi pengaturan waktu ulang selanjutnya akan harus dilakukan pada bulan Maret pada tahun 2100. Tampilan fase bulannya dipastikan akan tetap akurat hingga 122.6 tahun yang akan datang. Mekanisme tourbillion di dalamnya akan berotasi sekali dalam satu menit (dapat dilihat pada bagian tutup belakang arloji) dan tetap menjaga akurasi waktu hingga 50 jam. Dengan terus menjaga frekuensi pada 2.5 Hz, waktu akan tertampil secara akurat hingga seperlima detik. Menariknya lagi, hanya akan ada 100 buah saja yang akan dibuat oleh produsen jam mewah asal Jerman ini.

 

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *