Cara Menggerakan Jam Tangan Dengan Mudah

Menggerakkan Jam Tangan Anda

 

 

 

Gerakkan terus lengan Anda. Jam otomatis ini dibuat dengan pemberat logam yang bergerak atau baling-baling yang mengikuti pergerakan. Baling-baling yang bergerak ini terikat pada roda gigi di dalam jam yang terikat dengan per utamanya. Ketika baling-baling bergerak, baling-baling tersebut akan menggerakkan roda gigi, serta selanjutnya pr utama tersebut. Jika jam tidak digerakkan secara reguler sehari-hari, kekuatan pada per utamanya akan menurun. Jika Anda memakai jam dan menggerakkan lengan seperti biasa, daya dari gerakan tersebut akan cukup untuk membuat baling-baling jam Anda berputar dan menggerakkan pernya. Namun, ini bukan berarti bahwa lengan Anda perlu bergerak secara konstan. Jam otomatis dirancang untuk merespons pergerakan rata-rata sehari-hari agar jam tersebut terus bergerak. [3]Bagi orang-orang yang tidak terlalu aktif, seperti para lansia dan orang-orang yang tidak boleh meninggalkan tempat tidur, mungkin perlu menggerakkan jam otomatisnya lebih sering. Jika Anda sakit dan tidak boleh meninggalkan tempat tidur, jam Anda mungkin akan melambat karena jam tersebut tidak digerakkan seperti biasa sehari-hari. [4]

Hindari menggunakan jam otomatis ketika melakukan olahraga yang memerlukan pergerakan tangan dan lengan yang terus berlanjut, seperti tenis lapangan, tenis tembok, atau bola basket. Pergerakan tangan dan lengan yang terus berlanjut tersebut akan dapat mengganggu mekanisme pergerakan otomatis dari jam yang dirancang untuk pergerakan lengan biasa sehari-hari.[5]

 

 

Carilah mahkotanya. Mahkota adalah tombol kecil yang biasanya terdapat pada bagian kanan jam. Tombol ini dapat ditarik keluar untuk mengatur waktu dan tanggal pada jam. Namun, Anda tidak perlu menariknya keluar untuk mengatur mekanisme pergerakan. Mahkota biasanya memiliki tiga posisi atau pengaturan yang mengatur kegunaan khusus. Posisi pertama adalah ketika didorong sepenuhnya dan jam akan beroperasi seperti biasa. Posisi kedua adalah ketika menarik mahkotasetengah keluar; ini adalah posisi untuk mengatur waktu atau tanggal (tergantung dari jam Anda). Posisi ketiga adalah ketika mahkota ditarik sepenuhnya; ini merupakan posisi untuk mengatur waktu atau tanggal.

Lepaskan jam dari talinya (bagian untuk mengikat jam di pergelangan tangan Anda). Jam otomatis Anda terkadang perlu digerakkan secara manual agar per utamanya tetap kencang, meski jam otomatis dirancang untuk menyimpan tenaga ketika pergerakan lengan Anda menggerakkan baling-baling, yang kemudian menggerakkan pernya. Untuk memastikan bagian mahkita tidak terlalu tegang ketika Anda menggerakkannya, Anda harus melepas jam otomatis Anda dari talinya. Setelah itu, Anda akan dapat mengungkil dengan benar dari sudut yang benar untuk menarik bagian mahkotanya secara perlahan.Jika jam Anda antiair, mahkota mungkin disekrup agar dapat tahan air. Anda akan perlu melepas sekrup dari mahkota dengan cara memutarnya secara berhati-hati sebanyak 4 hingga 5 kali. Ketika Anda menggerakkan jam, Anda harus mendorong mahkotanya pada saat yang bersamaan. Hal tersebut akan mengembalikan sekrup pada crown.

 

Putar mahkota searah jarum jam. Pegang dengan menggunakan telunjuk dan jempol Anda, putar secara halus searah jarum jam (dari bawah ke atas dan menuju arah angka 12 pada jam jika Anda melihat langsung ke arah jam Anda). Putar kurang lebih 30 – 40 kali atau hingga jarum keduanya mulai bergerak agar dapat menggerakkan jam secara penuh.[9] Menggerakkan jam akan mempertahankan per untuk tetap kencang dan dapat menyimpan tenaga penuh. Hal ini dapat juga dilakukan dengan menggerakkan jam Anda.

 

Selalu atur waktu dengan memajukannya. Ketika menggerakkan jam, Anda mungkin tidak sengaja menggerakkan jarum jam jika Anda menarik mahkotanya secara penuh. Jika ini terjadi, atur ulang waktu dengan menggerakkan jarum jam secara maju hingga menunjukkan waktu yang benar kembali. Jam Anda dirancang untuk memajukan jarumnya, bukan bergerak mundur, jadi Anda harus mempertahankan roda gigi dan mekanisme di dalamnya agar dapat bekerja sesuai dengan rancangan yang telah ditetapkan.[11]

 

Pastikan mahkota didorong sepenuhnya. Dorong mahkota secara perlahan untuk memastikan mahkota tersebut terdorong masuk secara penuh. Jika Anda memiliki jam antiair, Anda harus memeriksa ulang sekrup mahkota jam untuk memastikannya tetap kencang. Jepit mahkota dengan telunjuk dan jempol Anda, lalu kencangkan ketika Anda mendorongnya.

 

Bandingkan waktu pada jam Anda dengan jam lain. Jika jam sudah diatur dengan benar, waktu pada jam Anda akan sama dengan jam lain. Jika menurut Anda jam masih belum bekerja dengan baik, Anda mungkin perlu membawanya ke toko perbaikan jam untuk menguji mesin di dalamnya. Tempat ini dapat mengukur ketepatan waktu dan kecepatan untuk melihat apakah jam Anda lambat atau cepat.

 

Gerakkan jam secara menyeluruh jika Anda sudah lama tidak memakainya. Jam otomatis bergantung pada pergerakan agar dapat terus bekerja dan jam tersebut akan turun performanya jika didiamkan di dalam kotak atau laci dalam beberapa hari. Memutar mahkota jam Anda sebanyak 30 – 40 kali akan dapat menggerakkannya secara penuh dan memastikan jam Anda siap untuk dipakai. Putar mahkota hingga jarum kedua mulai bergerak agar Anda mengetahui bahwa waktu pada jam Anda sudah tepat. Anda mungkin juga perlu mengatur waktu dan tanggal.

Gunakan Penggerak Jam

Pilihlah penggerak jam yang Anda butuhkan. Penggerak jam adalah alat yang membuat jam otomatis untuk bergerak ketika tidak dipakai dengan cara menggerakkan jam dalam pola melingkar untuk meniru pergerakan lengan manusia. Alat ini memiliki harga antara Rp650.000,00 – Rp5.200.000,00. Untuk penggerak jam yang modelnya sangat bagus, harganya dapat mencapai Rp104.000.000,00. Untuk model penggerak jam, terdapat yang fungsional, elegan, dan royal.Penggerak jam yang fungsional memiliki tampilan dan bentuk yang bagus, tetapi memiliki tujuan yang sepenuhnya fungsional. Penggerak jam ini biasanya tidak terlalu mahal. Penggerak jam yang murah terkadang tidak dapat diandalkan dan tidak setara dengan harganya, meski murah.

Penggerak jam yang elegan memiliki kualitas eksterior yang lebih baik dan terbuat dari kayu atau kulit. Memiliki tampilan yang lebih bagus dan dapat disimpan di rak atau lemari rias. Penggerak jam ini cukup kecil hingga dapat disimpan di dalam laci atau brankas.

Penggerak jam yang royal memiliki harga yang mahal. Biasanya terbuat dari bahan yang bagus dan dirancang untuk menahan banyak jam. Penggerak jam royal ini memliki fitur seperti mengatur suhu, laci penyimpanan, tampilan waktu yang disinkronkan, dan koneksi USB.

 

Pilih berapa jam yang ingin Anda gerakkan setiap kalinya. Terdapat penggerak jam untuk satu jam atau untuk banyak jam. Jika Anda memilih jam yang Anda pakai sehari-hari secara bergilir , mungkin Anda perlu memilih penggerak jam yang dapat menahan beberapa jam setiap kalinya. Jika Anda hanya memiliki satu jam yang Anda pakai secara teratur, penggerak jam tunggal akan lebih berguna.Jika Anda memiliki jam yang hanya Anda gunakan sesekali, seperti untuk acara khusus, maka Anda tidak perlu membeli penggerak jam. Sebagai contoh, jika Anda mengetahui bahwa Anda akan memakai jam tersebut untuk acara pernikahan, Anda dapat mengeluarkannya sehari sebelumnya dan menggerakkannya sendiri, dibanding Anda harus mengaturnya di penggerak jam selama 30 menit setiap harinya.

Penggerak jam merupakan alat yang bagus bagi kolektor jam otomatis, khususnya bagi orang yang memiliki banyak jam dan ingin semua jam Anda siap untuk digunakan pada berbagai acara.

Tentukan arah rotasi penggerak jam. Banyak jam otomatis yang bergantung pada pergerakan searah jarum jam dan beberapa jam otomatis lainnya bergantung pada pergerakan berlawanan arah jarum jam. Periksalah di pabrik jam untuk mengetahui pergerakan seperti apa yang dibutuhkan jam Anda.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *