Cara Merawat dan Memperbaiki Jam dengan Mudah

Tanpa adanya jam dinding rumah menjadi terasa aneh dan kurang pas. Setiap kali akan melakukan aktivitas kebanyakan orang selalu melihat jam dinding terlebih dahulu, meskipun mereka sudah mengenakan jam tangan. Mungkin hal tersebut sudah menjadi kebiasaan yang setiap hari dilakukan.

Jam dinding seolah-olah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat. Perabotan rumah tangga yang satu ini sangat berguna untuk memanagemen kegiatan dan dapat digunakan untuk melakukan estimasi ataupun rencana terhadap suatu pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari sehingga bisa tersusun dengan rapi dan tentunya baik.

Perbaikan yang dilakukan pada jam dinding memang terlihat mudah namun kenyataannya jika kita tidak paham dengan karakteristik dari jam dinding tersebut mungkin akan terasa sulit. Diperlukan ketelitian pada saat pembongkaran, karena bagian-bagian yang menyusun jam dinding kebanyakan bersifat rentan dan rapuh serta kondisi fisiknya kecil mungil. Jadi anda wajib teliti dan berhati-hati sebelum memutuskan untuk melakukan pembongkaran.

Ganti Baterai Jam Dengan Yang Baru

Jika anda dihadapkan dengan masalah pada jam dinding yang tiba-tiba mati, anda jangan langsung menganggap dan berfikir bahwa jam dinding anda tersebut mengalami kerusakan. Biasanya jam dinding yang tiba-tiba mati bisa jadi disebabkan oleh kondisi baterai yang memang sudah habis dayanya. Jadi anda bisa mencoba mengganti baterai yang lama dengan yang baru terlebih dahulu atau melakukan pengecekan daya baterai menggunakan alat khusus.

Jika sudah diganti ternyata masih tidak bisa berfungsi, maka anda bisa mencoba memakaikan baterai tersebut ke peralatan lain yang sama halnya dengan jam dinding hanya bisa berfungsi ketika dipasang dengan menggunakan baterai. Apabila dipasangkan ke peralatan lain ternyata bisa, berarti jam dinding anda memang sedang bermasalah.

Untuk mendapatkan baterai jam juga tidaklah sulit anda bisa memilih dari yang murah sampai yang mahal dijual bebas di toko-toko minimarket bahkan supermarket. Jika anda memilih yang mempunyai harga murah, maka baterai hanya bisa digunakan dalam satu kali pemakaian saja.

Sedangkan yang sedikit agak mahal, biasanya bisa digunakan berulang kali karena bisa dilakukan pengecasan dengan alat khusus yang memang sudah disediakan. Jadi anda bebas memilih mau yang sekali pakai dengan harga murah, tapi harus beli lagi dan lagi atau mau yang sedikit agak mahal, tapi bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Bersihkan Bagian Konektor Jam

Bagian Konektor Jam DindingCara memperbaiki jam dinding bisa juga dilakukan pengecekan pada bagian konektor. Konektor merupakan tempat yang digunakan untuk meletakkan baterai dan berfungsi menyambungkan sumber daya yakni baterai dengan bagian mesin agar bisa bekerja dengan baik. Konektor yang tidak dirawat sehingga keadaannya berdebu kemudian lama-kelamaan berkarat akan membuat peforma dari jam dinding menjadi kurang baik.

Seringkali ditemukan konektor pada jam dinding sebagai tempat baterai terlihat berkarat. Jika hal itu terjadi bisa saja menjadi salah satu penyebab yang menjadikan jam dinding menjadi mati. Karat yang ada akan mengganggu koneksi antara batu baterai dengan konektor.

Untuk mengatasinya sebaiknya anda bersihkan karat tersebut terlebih dahulu agar konektor bisa bekerja kembali seperti sedia kala. Bersihkan pada kedua sisinya, kemudian jangan lupa lakukan pengelapan pada kedua kutub baterai sebelum dipasang kembali.

Hal ini diperlukan untuk menghemat penggunaan baterai, yang sebenarnya masih bisa digunakan justru kebanyakan orang membuangnya karena tidak mau menyala akibat serpihan-serpihan karat yang menempel pada baterai tersebut.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *