Apa Itu Jump Hour

jump-hourPada era sebelum ditemukannya jam digital (LED dan LCD) pada pertengahan tahun 70-an, terdapat sebuah masa dimana desain jam sudah menyerupai penampilan sebuah jam digital yaitu hanya memperlihatkan angka dan tidak lagi menggunakan jarum sebagai penunjuk waktu. Karena itulah jam tipe ini disebut juga sebagai jam digital mekanikal karena keluar dalam 2 versi yaitu manual dan automatic winding.

Jam dalam koleksi saya ini dari merek Sandoz ber-movement automatic dari ETA, casing solid stainless steel dan cukup berat. Penampilan cukup aneh untuk sebuah jam (dan begitu juga desain jump hour lain). Terlihat hanya angka-angka, paling kiri merupakan penunjuk jam, berikutnya menit dan terakhir adalah detik. Disebit jump hour karena angka penunjuk jam akan melompat dan tidak bergeser seperti angka untuk menit dan detik. Angkanya pun cukup besar sehingga mudah dilihat. Secara dimensi jam ini cukup besar dan sekaligus unik, namun butuh waktu untuk membiasakan diri melihat jam dengan desain seperti ini. Saya rasa tipe jam seperti ini perlu anda miliki setidaknya satu karena desain seperti ini merupakan salah satu penanda jaman dan sangat khas sekali. Bahkan saat ini banyak jam-jam untuk ABG kembali meniru desain jam-jam retro ini.

Para penggemar jam tangan fashion seharusnya pernah mendengar tentang jam tangan bertipe jump hour. Pada jam tangan biasa, pengguna bisa melilhat perubahan melalui bergeraknya jarum jam-menit-detik. Sedangkan pada jam tangan jump hour, yang bergerak adalah putaran kepingan bertuliskan angka jam-menit-detik, sehingga seolah-olah terlihat digital.

Teknologi jump hour sebenarnya telah digunakan sejak abad ke-19 oleh pembuat jam kerajaan Prancis yang diterapkan pada jam saku (pocket watch). Desain jump hour kembali populer sekitar tahun 70-an yang kembali mengeksplorasi desain-desain retro dan space-age-nya. Ketika itu, masyarakat sudah mulai meninggalkan jam tangan sebagai status simbol (mahal, berkelas tinggi) dan cenderung berperan sebagai pernyataan fashion yang menekankan gaya unik individu pemakainya.

Hingga kini jam tangan jump hour masih diburu oleh para kolektor maupun penggemar jam tangan seluruh dunia. Bahkan, kembali muncul sebagai fashion anak muda masa kini.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *